(Scratch 4)Racing game on scratch
RACING GAME ON SCRATCH
(LEVEL 4)
1. Search scratch.mit.edu
2.Klik 'Create'
3.Beri nama projek dengan mengetik 'Racing game' pada tulisan 'untitled'
4.Klik kanan pada gambar kucing yang di bawahnya tertulis 'Sprite1' lalu klik 'delete'
5. Klik 'stage backdrop' pada sisi kiri bawah
6.Akan terlihat tampilan seperti ini
7.Gambar backdrop menyerupai alur jalan balapan (fungsi-fungsi yang ada di backdrops sama dengan membuat sprite)
- contoh: -mewarnai backdrop dengan 'fill with colour' -membuat jalan nya dengan 'brush' -memberi garis finish nya dengan 'line' -mempower nya dengan 'ellipse'
8.Klik 'paint new sprite'
9.Perbesar layar costume dengan mengklik zoom
pada ujung kanan layar
10.Setelah memperbesar layar,buat sprite pada simbol (+) pada tengah tengah costume,lalu buat sprite berbentuk mobil.Contoh nya seperti ini
11.Lalu klik kanan dan klik duplicate pada costume
12.Setelah di duplicate akan ada dua costume/gambar mobil
13.Coret atau hancurkan costume 2 hingga relihat seperti mobil kecelakaan.Dan akan terlihat dua costume yang berbeda
14.Setelah itu klik scripts
15.Klik blok 'Even' lalu pilih 'when(green flag)clicked'susun di work space lalu klik blok 'looks' lalu pilih 'switch costume to(costume 2)ganti 'costume 2' menjadi 'costume 1'
16.Lalu atur mobil agar masuk ke dalam jalur dengan cara klik gambar mobil dalam stage
17.Lalu klik blok 'motion' lalu pilih 'go to x:(..) y:(..)'isi go to bisa saja berbeda-beda sesuai letak mobil berada.Lalu pilih 'point in direction'
17.Kemudian,klik blok 'events' lalu pilih 'when (space) key pressed' (ambil dua) 'when(space)key pressed diganti masing masing 'right'dan 'left' arrow
18.Klik blok 'motion' lalu pilih 'turn(right)[15]degrees' susun masing masing 'right'dengan 'right arrow' dan 'left' dengan 'left arrow'
19.Klik blok 'events' lalu pilih 'when(green flag) clicked'lalu ke blok 'control' dan pilih 'wait (1)secs' '1secs' diganti '2 secs' lalu susun di bawah 'when (green flag) clicked' setelah itu pilih 'forever dan susun dibawah 'wait(2)secs'
20.Klik blok'motion' lalu pilih 'move (10)steps'dan susun didalam'forever' 'move (10)steps' di ganti (2)steps
21.Tambahkan blok di 'control' pilih 'if { }then' dan susun dibawah move (10) steps'
22.Selanjutnya ke blok 'sensing'lalu pilih 'touching colour[]'klik warna yang ada di dalam kotak dalam 'touching colour'lalu klik warna luar alur balapan,Dan taruh di dalam kotak antara 'if dan then'
23.Lalu pilih blok 'looks' dan pilih 'switch costume to(costume 2)jika tulisan nya masih 'costume1' ganti menjadi 'costume 2'
24.Selanjut nya ke blok 'control' lalu pilih 'stop [all]'susun dibawah 'switch costume to(costume 2)'lalu ganti 'stop[all]' menjadi 'stop [this script]
27.kita ke blok 'control' dan pilih 'if{ }then' susun di bawah 'if { }
then' pertama.Lalu ke blok 'sensing' pilih lagi 'touching colour[]'kotak dalam 'touching [] colour' diklik lalu klik warna power up (disini power up nya warna kuning)(bulat-bulat kecil di alur balapan) susun 'touching color[]'
28.klik blok 'motion' lalu pilih 'move [10]step' diganti menjadi 'move [4] step' lalu susun di dalam 'if [ ] then yang kedua
29.Selanjutnya ke blok 'control' lalu pilih 'if [ ]then' dan susun di bawah 'if [ ]then' yang kedua.Setelah itu ke blok 'sensing' lalu pilih 'touching color[]' klik warna yang ada di dalam 'touching color[]' lalu klik warna garis finish nya
30. lalu untuk mengakhiri game klik blok 'looks' lalu pilih 'say [hello] for (2)secs 'hello' di ganti 'you win' : gambar keseluruhan
Komentar
Posting Komentar