(Scratch 9)Rocket


ROKET
(level 9)
1.Search scratch.mit.edu lalu akan terlihat tampilan seperti ini
2.Lalu klik 'Create'
3.Beri nama projek dengan mengetik 'Roket' pada tulisan 'Untitled'
 
4.Klik kanan pada 'sprite1' lalu klik 'delete'
5.Lalu klik 'Choose sprite from library' lalu pilih gambar roket atau 'spaceship' lalu klik 'ok'
 
6.Lalu sprite yang sudah dipilih akan muncul seperti gambar dibawah 

 
7.Setelah itu klik 'shrink' lalu kecilkan roket dengan cara mengklik spaceship hingga agak kecil/klik 10 kali (shrink berarti menyusut/ unutuk mengecilkan suatu benda)
 
8.Lalu klik 'Costumes' klik kanan pada costume spaceship yang berkaki lalu klik 'delete' dan tersisa satu costume 
 
9.Klik 'paint new sprite' lalu buat sprite berbentuk bola sebagai pelurunya,pastikan pelurunya ada di tengah-tengah 
  
10.Lalu klik 'choose sprite from library' sekarang pilih apa saja untuk menjadi musuh roketnya, disini saya memilih kelelawar untuk menjadi musuh roket setelah dipilih klik 'OK'

  
11.Lakukan seperti tadi klik 'shrink' lalu klik 'Bat2' sebanyak 7 kali
  
12.Tampilan seluruh sprite
13.Lalu klik 'spaceship' ke 'scripts' lalu ke blok 'Events' pilih 'when(green flag)clicked' susun di workspace
14.Lalu ke blok 'Control'pilih 'forever' susun di bawah 'when(green flag)clicked' lalu pilih lagi 'if { }then' masukan 'if{ }then di dalam 'forever'
 
15.Kemudian ke blok 'Motion' pilih 'move(10)steps' susun didalam 'if{ }then' .Setelah itu ke blok 'Sensing' pilih 'key [space]pressed?' susun didalam  kata 'if{ }then'
 
16.Lalu klik kanan pada script hingga berwarna coklat lalu klik 'duplicate' duplikat hingga menjadi empat
 
17.Ganti 'move(10)steps' di kedua scripts yang ada di bawah menjadi 'change y by(10)' lalu ganti semua 'space' (lihat gambar)sesuaikan
18.Jangan lupa menambahkan (-10) pada left dan down (kotak merah)
19.Duplikat lagi hingga ada dua yang baru
20.Cocokkan scripts dengan gambar di bawah,jangan lupa mengganti 'key[ ] pressed' (lingkaran merah)

21.Lalu tambahkan 'point in direction(90)' diatas 'forever' yang 'when(green flag)clicked' bagian kiri /'key[a]pressed?'
22.Drag kedua yang baru tadi ke sprite peluru 
 
23.Naah jika sprite peluru di klik akan ada kedua scripts yang di drag tadi
24.Sekarang kita di sprite peluru.Susun dua scripts tadi kebawah lalu ke blok 'Events' pilih 'when(green flag)clicked' susun di atas workspace
25.Kemudian kita ke bl;ok 'Motion' pilih 'go to x:.. y:..' lalu susun dibawah 'when(green flag)clicked'
26.Lalu ke blok 'Sensing' pilih 'x[position]of[  ]' ambil dua letakkan di luar,cocokkan gambar
27.Masukkan 'x[position]' dalam 'go to x:..' masukkan 'y[position]' dalam 'go to y:..' hasilnya seperti ini
  
28.Lalu kita ka blok 'Control' pilih 'forever' susun dibawah 'go to' yang tadi,lalu pilih lagi 'if{ }then' taruh didalam 'forever'.Lalu ke blok 'Sensing' pilih 'key[space]pressed' susun di antara kata 'if{ }then'
    
29.Kemudian drag scripts dari 'forever' kebawah lalu klik kanan pada 'go to' yang tadi lalu klik 'duplicate' dan 'go to' akan menjadi 2 satukan 'forever' ke 'go to' pertama lalu masukkan 'go to yang tadi di duplicate ke dalam 'if{ }then'

 
 
30.Kemudian kita ke blok 'Control' pilih 'repeat until{ }' susun di bawah 'go to' yang kedua.Lalu ke blok 'Motion' pilih 'move(10)steps' susun di dalam 'repeat until{ }' Setelah itu kita ke blok 'Sensing' pilih 'touching[ ]' susun dalam kata 'repeat until{ }' dan ganti 'touching [ ]' menjadi 'touching [edge]'

31.Lalu tambahkan 'hide' (di blok 'Looks')di bawah 'go to' yang pertama
32.Setelah itu seperti tadi tarik scripts 'forever' kebawah lalu klik kanan di 'go to' yang pertama lalu klik 'duplicate' satukan lagi scripts yang tadi lalu masukkan 'go to' yang sudah di duplikat tadi ke bawah 'repeat until{ }'

33.Lalu sisipkan 'show'(di blok 'Looks')dibawah 'go to' yang kedua
34.scripts pada sprite peluru secara keseluruhan
35.Setelah itu klik sprite 'bat2' Lalu ke blok 'Events' pilih 'when(green flag)clicked' lalu susun di workspace. Lalu ke blok 'Control' dan pilih 'forever' susun di bawah 'when(green flag)clicked'
 
36.Lalu klik kanan pada scripts yang kita buat tadi lalu pilih duplikat,duplikat menjadi 4 scripts yang sama
       
37.Kemudian ke blok 'Motion' lalu pilih 'go to x:.. y:..' masukkan ke dalam 'forever' pertama lalu pilih 'glide(1)secs to x:.. y:..' susun di bawah 'go to'
 
38.Ganti y nya 'go to' menjadi '180' lalu ganti juga y nya 'glide' menjadi '-180'  

 
39.Lalu ke blok 'Operators' pilih 'pick random(1)to (10)' ubah (1) menjadi (-240) lalu (10) menjadi (240) lalu, klik kanan dan duplicate 'pick random' tadi.Setelah itu masukkan keduanya masing-masing kedalam 'x' nya 'go to' dan 'glide' lalu hasilnya akan jadi seperti ini,periksa lagi,jangan sampai 'pick random' masuk ke lubang yang salah
 
 
40.Kemudian tambahkan 'if{ }then' ke dalam 'forever' dalam kedua scripts dibawah nya

41.Lalu kita ke blok 'Data' klik 'Make a Variabel' lalu akan muncul seperti kotak kecil,ketik 'Variabel name' dengan 'score' lalu klik 'OK' dan akan muncul blok bloknya Data
 
 
42.Lalu pilih 'set[score]to[0]' susun dibawah 'when(green flag)clicked' lalu pilih 'change[score]by(1)' susun didalamnya 'if{}then' yang tadi di taruh 'set score'
43.Setelah itu kita ke blok 'Sensing' pilih 'touching[]?' lalu masukkan ke dalam masing-masing kata 'if{ }then' ganti 'touching[]?' yang ada di kiri bawah menjadi 'spaceship' lalu ganti juga 'touching[]?' yang ada di kanan bawah menjadi 'sprite1'(sprite peluru)
 

44.Kemudian kita ke blok 'Looks' pilih 'say[hello]for(2)secs' susun didalam 'if{ }then' kiri bawah, ganti [hello] menjadi [game over] 'lalu (2)secs' menjadi '(0.1)secs'.Lalu ke blok 'Control' pilih 'stop[all]' susun di bawah 'say [game over]
   
45.Lalu tambahkan 'show' dan 'hide' (lihat gambar)
46.Setelah itu jika ingin musuhnya bergerak-gerak tambahkan 'wait(1)secs'(diblok 'Control') (1)secs diganti (0.5)secs lalu tambahkan juga 'next costume'(di blok 'Looks')susun dibawah 'wait' pada 'when(green flag)clicked'  yang tersisa

47.setelah itu agar tidak terlalu cepat ganti (1)secs pada 'glide' menjadi (3)secs

48.jika ingin game lebih bagus bisa pilih backdrop dari library dengan klik 'stage backdrop'  lalu klik 'Costumes' lalu klik 'choose backdrop from library' pilih lalu klik 'ok' 
                            

49.Jangan lupa pada sprite peluru ganti 'point in direction' nya menjadi '0' 
50.Sekarang bisa di mainkan dengan mengklik (green flag)


SELAMAT MENCOBA
TERIMA KASIH

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Scratch 8)Clone

(Scratch 4)Racing game on scratch

(Scratch 6)Variabel and Counter